Selasa, 09 Maret 2010

Tidur nyenyak


Mau tau bagaimana proses orang tidur? Proses tidur sebenarnya cukup sederhana, namun banyak orang belum mengetahuinya. Berikut ini adalah ilmu tidur tingkat dasar.
1. Siklus tidur berlangsung sekitar 90-110 menit, dan untuk tiap kali tidur memungkinkan untuk terjadi lebih dari 1 (satu) siklus. Kebanyakan orang biasanya mengalami sampai 5 siklus di malam hari (7,5-8,5 jam). Jika Anda tidur selama 6 jam kemungkinan Anda akan mengalami 4 (empat) kali siklus tidur.
2. Setiap siklus terbagi atas 4 (lima) fase, yaitu:
o Fase A – Mengantuk: Anda berada pada kondisi setengah sadar (setengah tertidur). Mata akan terasa semakin lambat bergerak, dan otot-otot mulai rileks. Anda akan merasa kehilangan kesadaran secara perlahan. Jika tidak sedang berbaring, Anda akan mengalami sensasi seperti terjatuh tiba-tiba, kemudian spontan terjaga, lalu perlahan kembali kehilangan kesadaran.
o Fase B – Tidur Ringan: Tubuh Anda lebih rileks. Fase ini biasanya berlangsung lebih lama dari fase-fase lainnya. Fase ini memakan 40-50% dari keseluruhan siklus tidur.
o Fase C – Tidur Pulas: Otak dan seluruh otot dalam tubuh Anda benar-benar rileks. Kemungkinan juga Anda bisa mengalami tidur sambil berjalan, atau pun mengigau. Jika Anda terbangun pada fase ini, Anda akan merasakan sedikit pusing dan bingung untuk sebentar.
o Fase REM (Rapid Eye Movement): Pada fase ini aktivitas otak sudah sama dengan keadaan sewaktu Anda terjaga. Anda akan melihat banyak mimpi pada fase ini. Fase ini adalah waktu yang paling ideal untuk terjaga dan bangun dari tidur untuk mendapatkan kesegaran yang maksimal.
3. Untuk membentuk satu siklus diperlukan urutan fase sebagai berikut: A – B – C – B – A – REM
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk kulaitas tidur yang sehat:
• Obat-obatan atau pun alkohol bisa membuat kita kehilangan fase dalam siklus tidur. Meskipun tidur menjadi lebih lama, namun kualitasnya berkurang.
• Waktu yang terbaik untuk bangun dari tidur adalah di akhir siklus.
• Jika Anda terjaga karena bunyi alarm saat bermimpi, itu adalah waktu yang tepat untuk bangun. Jika Anda mendengar suara Alarm saat Anda bermimpi, tandanya Anda sedang berada pada fase REM.
• Jika Anda terbangun dalam keadaan bingung, artinya Anda belum siap untuk terjaga. Lanjutkan tidur Anda sekitar 30 menit lagi.
• Biasakan pola tidur sehat dengan mengikuti panduan di atas. Kebiasaan tidur memang tidak bisa diubah dalam 1 malam, namun Anda bisa membiasakan diri dari sekarang.
Selamat tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar